Senin, 16 Januari 2012

Makalah Perbandingan Pendidikan Vietnam dan Indonesia

PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN DI VIETNAM DENGAN INDONESIA
Makalah


Memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Pendidikan



KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, taufik, hidayah, serta inayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan penulisan makalah ini dengan baik dan tanpa hambatan serta terselesaikan sesuai waktu yang ditentukan.
Terselesainya makalah ini tidak lepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Pratowo Sejati, selaku dosen pengampu mata kuliah pengantar pendidikan.
2.      Pihak-pihak lain yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini baik bantuan materiil maupun immaterial.
Berbagai upaya telah penulis lakukan untuk dapat menyusun makalah ini agar dapat mendukung pembelajaran perkuliahan bagi mahasiswa maupun pihak yang memerlukan materi makalah ini. Penulis juga telah berusaha semaksimal mungkin agar dapat meningkatkan mutu makalah ini, sehingga sesuai dengan keinginan pembaca.
Seperti pepatah lama “tiada gading yang retak”. Demikian juga dalam penyusunan makalah ini. Penulis menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, dengan penuh kerendahan hati, penulis berharap agar pembaca berkenan untuk memberikan saran dan kritik yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

                                                                                    Surakarta,  9 Januari 2012


Penyusun





BAB 1
PENDAHULUAN

A.       Sejarah Pendidikan

1.       Pendidikan di bawah Cina
Cina menempati Vietnam antara 111 SM dan 939 M, sistem pendidikan Vietnam awalnya adalah sistem Konfusian Cina pemeriksaan hierarkis. Sistem ini terutama bertugas untuk perekrutan pegawai negeri yang setia, yang dilatih sesuai dengan moral dan etika Konfusian. Isi pendidikan utama dari sistem ini diambil dari Lima Klasik Cina dan Konghucu Empat Buku. Namun, Mahayana Buddhisme juga memiliki beberapa pengaruh penting pada sistem.
Bahasa Vietnam awalnya tidak memiliki naskah sendiri,layanan  sistem ujian sipil yang digunakan adalah karakter Cina sebagai media pengajaran dan pembelajaran. Selama abad ketiga belas, para sarjana Vietnam mengembangkan sistem script pertama nasional (nom), sedangkan berdasarkan karakter Cina, dibangun sekitar pengucapan kata-kata Vietnam. Namun, script ini tidak menyebar di antara penduduk umum, karena menuntut pengetahuan yang luas dari Cina tertulis. Pada abad keenam belas, Kristen Portugis dan misionaris Prancis tiba di Vietnam dan kemudian mengembangkan Quoc, yang saat ini digunakan ngu script, yang menggunakan abjad Latin dengan tanda-tanda diakritik. Selama pendudukan kolonial, orang Vietnam menyatakan Prancis, ditulis dalam Quoc ngu, dan Prancis dua bahasa resmi.

2.      Pendidikan di Masa Kolonial
Setelah beberapa perubahan, sistem pendidikan kolonial akhirnya terdiri tiga tahun sekolah dasar (Certificat d'Etudes élémentaire pribumi), tiga tahun sekolah dasar (Certificat d'Etudes primaires franco-pribumi), empat tahun sekolah dasar komplementer (Diplome d' Études primaires


supérieurs franco pribumi), dan tiga tahun sekolah menengah (baccalauréat lokal). Melayani kebutuhan yang luas dari pemerintah kolonial, pegawai negeri sipil dibayar rendah. Sistem pendidikan kolonial difokuskan pada pelatihan praktis dan pada akuisisi bahasa Perancis. Selain itu, meskipun ujian akhir Konfusian resmi diadakan di tahun 1918, selama sebagian besar periode instruksi Konfusianisme kolonial tradisional tetap ada, seperti yang dilakukan Buddhis pendidikan, disediakan untuk para bhikshu di masa depan.

3.      Pendidikan di Vietnam Dua
Selama pemisahan negara antara 1954 dan 1975, dua sistem pendidikan yang berbeda dikembangkan. Di Utara, Presiden Ho Chi Minh (1890-1969) meluncurkan kampanye keaksaraan besar yang sangat sukses. Reformasi pendidikan ditujukan untuk membangun sistem pendidikan sosialis, model model Soviet. Sistem sekolah terdiri dari sembilan kemudian sepuluh tahun di sekolah secara total.. Berbagai sekolah menengah kejuruan dan pusat-pusat pelatihan yang dikembangkan menyediakan personil untuk lebih rendah-tingkat karir di sektor negara.
Pendidikan tinggi diberikan dengan sangat khusus, universitas Polytechnical, dan perguruan tinggi. Pendidikan pascasarjana dilakukan di Uni Soviet, Jerman Timur, Polandia, dan Cekoslovakia. Pendidikan diselenggarakan oleh lima dan satu tahun rencana negara dan melayani kebutuhan nasional akan tenaga kerja yang berkualitas. Setelah lulus, para siswa kemudian bekerja di sektor negara.
Di Selatan, sebuah sistem dua belas tahun dipromosikan oleh pemerintah. Sekolah menengah kejuruan, pusat pelatihan kejuruan, dan on-the-job kesempatan pelatihan didirikan untuk melayani pasar tenaga kerja. Universitas seperti Universitas Saigon dan Can Tho, serta perguruan tinggi, yang dikembangkan pada model Amerika.

4.      Pendidikan Setelah Reunifikasi
Vietnam bersatu pada tahun 1975, dan reformasi pendidikan ketiga dimulai pada tahun 1979. Upaya yang dilakukan untuk menyatukan dua sistem sekolah yang berbeda dan membangun sistem pendidikan nasional sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan gratis untuk semua pendidikan Politeknik, mengikuti model sosialis, dan prioritas bagi ideologi sosialis dan pekerjaan praktis di semua kurikulum pengajaran. Hal ini membawa tentang penutupan sekitar 2.500 lembaga pendidikan swasta di Selatan.
Pendidikan tinggi siswa dipilih berdasarkan curriculum vitae pribadi mereka dan asal-usul sosial, dan siswa program pertukaran hampir secara eksklusif diselenggarakan dengan negara-negara dari Eropa Timur dan Uni Soviet. Pengajaran bahasa asing difokuskan pada Rusia dan Jerman.
Sejak diresmikan doi moi (renovasi) sebagai program reformasi kebijakan pada tahun 1986, sistem pendidikan nasional telah disesuaikan dengan keadaan baru. Terdiri dari komponen-komponen berikut: tempat TK publik, yang melayani anak-anak dari tiga bulan sampai empat tahun, prasekolah publik untuk anak-anak setidaknya lima tahun, sekolah dasar umum untuk anak-anak antara enam dan sepuluh (lima tahun) , masyarakat menengah lebih rendah untuk anak-anak antara sebelas dan empat belas (empat tahun ), pusat pelatihan kejuruan di tingkat menengah rendah (di bawah satu tahun), sekolah menengah atas untuk siswa antara lima belas dan tujuh belas tahun, sekolah menengah kejuruan di tingkat menengah atas (tiga sampai empat tahun), sekolah teknis sekunder di tingkat menengah atas (tiga sampai empat tahun), dan pusat-pusat pelatihan kejuruan di tingkat menengah atas (1-2 tahun). Selain itu, kesempatan yang berbeda untuk di kursus pelatihan yang ditawarkan oleh perusahaan. Pendidikan tinggi terdiri dari universitas (3-6 tahun) dan perguruan tinggi (2-4 tahun). Pendidikan pascasarjana terdiri dari master dan program doktor.
Ketika Partai Keenam Kongres Partai Komunis Vietnam meliberalisasi ekonomi dan menyatakan langkah-langkah reformasi yang lebih berorientasi pasar, salah satu konsekuensi langsung adalah penurunan dalam pendidikan di semua tingkatan. Pendapatan penggalangan memaksa orang untuk memutuskan antara kontribusi anak anatara pendapatan keluarga atau pendidikan. Selain itu, ada langkah-langkah reformasi pendidikan, yang mencerminkan keseluruhan transisi ke ekonomi multisektor. Langkah-langkah reformasi dapat dikelompokkan menjadi lima kategori: diversifikasi sumber daya keuangan, upaya untuk internasionalisasi sistem pendidikan melalui reformasi struktural organisasi pendidikan tinggi, penarikan dari negara dipromosikan untuk desentralisasi pengambilan keputusan dalam pendidikan Vietnam, peningkatan secara keseluruhan dalam dokumen hukum yang menyertai transformasi dan berpuncak pada diberlakukannya undang-undang pendidikan nasional pertama di tahun 1999 dan metode mendorong pembangunan pendidikan elit, yang mengakibatkan pembangunan kembali sekolah-sekolah dan kelas siswa berbakat.
Ini proses perubahan yang paralel dengan tren di kalangan masyarakat umum. Kecenderungan membuat upaya ekstensif dan investasi untuk mendapatkan instruksi tambahan dan persiapan untuk keturunan dalam meningkatkan kesempatan untuk karir masa depan (termasuk mengorbankan anak-anak mereka untuk belajar di luar negeri di negara-negara Asia Tenggara, Australia, Amerika Serikat, dan Eropa).
 Pendidikan stratifikasi yang dihasilkan dari diferensiasi struktur keseluruhan pendapatan, khususnya antara daerah perkotaan dan pedesaan, yang dipilih adalah disiplin (preferensi untuk bahasa Inggris, Cina, teknologi komunikasi, ilmu komputer, hukum, ekonomi, administrasi publik, dan sebagainya).



B.       Kelembagaan Pendidikan

1.    Jalur Pendidikan
Ada dua pengelompokan luas dari lembaga pendidikan di Vietnam yaitu;
a.         Lembaga mono-disipliner atau khusus tradisional
Kelompok pertama adalah lebih umum di Vietnam di bawah kebijakan-pra Doi Moi (renovasi). Ini memfokuskan pada area tunggal atau subyek fokus, misalnya hukum, seni, teknik, ekonomi, dll
b.        Universitas multi-disiplin
Dalam beberapa tahun terakhir banyak dari lembaga-lembaga mantan fokus tunggal telah mengambil fokus multi-disiplin. Sebagai contoh, Hanoi University of Foreign Studies terpusat pada pelatihan bahasa asing, kini memiliki fokus yang lebih luas pada bisnis dan subjek Universitas standar.
Multi-disiplin universitas meningkat dan saat ini terdapat 2 perguruan tinggi nasional, 3 universitas-universitas daerah dan perguruan tinggi akan ditambahkan setiap saat. Selain itu, Moet telah mengizinkan untuk memungkinkan sektor swasta untuk set-up perguruan tinggi dan universitas dan perusahaan, seperti FPT di Hanoi dan Becamex dengan Mien Dong atau Timur International University di Provinsi Binh Duong sudah melakukan hal ini. Vietnam sudah memiliki sebuah universitas asing di RMIT International University yang dibuka pada tahun 2001 dan sekarang memiliki lebih dari 3.000 siswa dan University Jerman akan membuka Ho Chi Minh City di Selatan. Selain itu, ada lebih dari 200 program kerjasama antara Universitas Vietnam dan institusi asing.





1.      Jenjang Pendidikan

a.      Pendidikan Primer
Sistem pendidikan dasar di Vietnam direvisi selama tahun 2002-2003 akademik dan sekarang berisi dua fase.
Tahap pertama mencakup kelas 1-3 dan diselenggarakan sekitar tujuh mata pelajaran: seni, matematika, moralitas, musik, alam dan masyarakat, pendidikan jasmani, dan bahasa Vietnam. Tahap kedua mencakup kelas 4 dan 5 yang mencakup sekitar sembilan mata pelajaran: seni, teknik dasar, geografi, sejarah, matematika, moralitas, ilmu pengetahuan, pendidikan jasmani, dan bahasa Vietnam.
Selain restrukturisasi sistem pendidikan dasar, metode pengajaran, penilaian, dan buku-buku pelajaran juga direvisi.
Banyak tantangan yang dihadapi Vietnam dalam pendidikan. Tantangan-tantangan adalah dana yang tidak mencukupi, kesulitan dalam mempertahankan kualitas pendidikan universal, dan terbatasnya jumlah guru yang berkualitas dan ruang kelas. Tantangan lain bangsa adalah terlalu banyak siswa hanya menghadiri kelas setengah hari dan sekitar 660 jam sekolah per tahun dibandingkan dengan rata-rata 1.000 jam per tahun di negara-negara lain.

b.      Pendidikan Sekunder
Sistem pendidikan menengah terdiri dari dua fase, mirip dengan sistem pendidikan dasar.
Tahap pertama mencakup kelas 6-9 dan mengharuskan siswa memiliki ijazah pendidikan dasar. Tahap kedua mencakup Kelas 10-12 dan mengharuskan siswa memiliki ijazah pendidikan dasar menengah.
Pendidikan menengah di Vietnam berfokus pada pengembangan kreativitas siswa dan motivasi diri untuk mendorong minat mereka dalam studi mereka. Dalam rangka mendorong kualitas ini, kurikulum mencakup seni, keterampilan dasar, moralitas, dan tubuh fisik.

c.       Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi bertujuan untuk mendorong siswa dengan kualifikasi politik dan moral yang siap untuk melayani bangsa, mengembangkan pengetahuan praktis, kesehatan yang baik dan kemampuan yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan pertahanan.
Siswa dengan pendidikan menengah atas atau sekunder sertifikat pendidikan kejuruan, dapat menghadiri program 3-tahun kuliah yang melatih siswa untuk karir tertentu dan menyediakan keterampilan praktis dan pemecahan masalah.
Program sarjana di Vietnam berlangsung 4-6 tahun dengan pendidikan menengah atas atau sertifikat pendidikan menengah kejuruan, dan satu sampai dua tahun bagi siswa yang telah menyelesaikan program perguruan tinggi yang berkaitan dengan wilayah subjek yang sama.
Derajat yang diterima dari lembaga pendidikan tinggi bervariasi tergantung pada sekolah.
Siswa yang lulus dari:
1)       Perguruan tinggi menerima ijazah perguruan tinggi
2)       Program S menerima gelar sarjana
3)       Program master menerima gelar master (ex: Master of Arts, Master of Business Administration)
4)       Program Doktor menerima gelar doctor

2.        Jenis Program Pendidikan

1.         Pendidikan Anak Usia Dini
Sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan (1998), pendidikan anak usia dini (PADU) meliputi crèches dan TK. Bertanggung jawab untuk mengasuh dan mendidik anak-anak dari 3 bulan sampai 6 tahun.
Tujuan dari ECE adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak secara fisik, moral, intelektual dan estetis, serta untuk meletakkan landasan bagi kepribadian mereka, dan untuk membantu di pendidikan sekolah dasar.

2.         Pendidikan Dasar
Dinyatakan dalam Konstitusi 1992 Republik Sosialis Vietnam Pasal 59 bahwa "Pendidikan adalah hak dan tanggung jawab setiap warga negara. Pendidikan dasar adalah wajib dan kuliah gratis untuk semua anak ".
Hal ini dinyatakan dalam UU Pendidikan bahwa "pendidikan dasar adalah wajib bagi setiap anak usia 6-14 tahun; pendidikan dasar berlangsung 5 tahun. Usia sekolah adalah 6 tahun "(Pasal 22). "Pendidikan dasar adalah untuk menyediakan siswa dengan basis awal dan penting untuk pengembangan yang tepat dan kehidupan-panjang dalam hal moralitas, kapasitas intelektual, aset fisik, estetika dan keterampilan dasar bagi kemajuan mereka ke pendidikan menengah" (Pasal 23).
Pendidikan dasar harus mendukung anak-anak dengan pemahaman dasar dari alam, masyarakat dan manusia. Pendidikan dasar harus memberikan keterampilan dasar mendengar, berbicara, membaca, menulis dan menghitung, membentuk kebiasaan seperti latihan fisik, dan menyediakan wawasan dasar yaitu dengan nyanyian, musik, menari, dan seni.
                                            
3.         Pendidikan Menengah
Pendidikan Hukum Vietnam tanggal 11 Desember 1998 telah menegaskan tujuan pendidikan adalah untuk secara komprehensif mengembangkan sumber daya manusia Vietnam dengan moralitas, pengetahuan, kesehatan yang baik, dan setia terhadap ide kemerdekaan nasional dan sosialisme, untuk mengembangkan kepribadian individu dan kapasitas untuk membangun dan perlindungan dari negara.
Tujuan pendidikan sekunder adalah untuk mengembangkan siswa dalam hal moralitas, tubuh fisik, seni, dan keterampilan dasar sehingga dapat melanjutkan studi lebih lanjut atau untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab sepenuhnya dan memberikan kontribusi bagi pembangunan negara .
Pendidikan menengah dasar memperkuat dan meningkatkan prestasi siswa yang diperoleh dari pendidikan rendah, mengembangkan pengetahuan dasar dan memperkenalkan keterampilan teknis dan kejuruan sehingga dapat mengikuti studi masa depan di sekolah tinggi, sekolah kejuruan atau bekerja. Pendidikan sekolah tinggi lebih mengembangkan pengetahuan siswa setelah pendidikan menengah dasar dengan orientasi kejuruan sehingga setelah lulus, dapat bergabung dengan program di universitas atau perguruan tinggi atau langsung bekerja.

4.         Teknis dan Kejuruan Pendidikan dan Pelatihan (TVET)
Pemerintah Vietnam telah bertahan dalam kebijakan ekonomi renovasi. Pemerintah sangat menyadari pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan melakukan upaya-upaya besar untuk mengembangkan pendidikan dan pelatihan. Reformasi TVET adalah salah satu upaya. Upaya yang dilakukan untuk sektor TVET dapat dilihat di hampir semua aspek seperti pengembangan kurikulum, guru melatih kembali, memperkuat kemitraan antara bisnis dan institusi pelatihan, kerangka kualifikasi mendirikan, akreditasi, sistem manajemen, dan kerjasama dengan lembaga-lembaga TVET internasional. Sosialisasi TVET dan membuat program yang lebih relevan dengan pasar tenaga kerja adalah kebijakan penting dari reformasi pendidikan.

5.         Pendidikan Tinggi
Dalam Strategi Pengembangan Pendidikan 2001-2010, tujuan pendidikan tinggi di Vietnam adalah “untuk menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sesuai dengan struktur sosio-ekonomi dari industrialisasi dan modernisasi bangsa, meningkatkan daya saing dalam kerjasama yang adil bagi Vietnam dalam integrasi internasional ekonomi, untuk memfasilitasi perluasan pendidikan menengah melalui diversifikasi program pendidikan berdasarkan sistem jalan-jalan yang cocok untuk struktur pembangunan, karir dan pekerjaan, lokal dan regional sumber daya kebutuhan manusia dan kapasitas pelatihan dari lembaga pendidikan, untuk meningkatkan kesesuaian pelatihan dengan kebutuhan kerja masyarakat, kemampuan untuk menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri dan bagi orang lain ".
Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pendidikan, pendidikan tinggi mencakup studi sarjana dan pascasarjana. Studi sarjana dapat diploma atau sarjana.

3.        Kurikulum Program Pendidikan

1.    Kurikulum Nasional
Departemen Pendidikan dan Departemen Pendidikan Tinggi Departemen dalam Pendidikan dan Pelatihan (Moet) pada tahun 1990, Moet memiliki tanggung jawab untuk semua pendidikan dan pelatihan di tingkat nasional. Berdasarkan keputusan pemerintah Vietnam 322008-ND-CP, Moet dibagi menjadi 19 departemen terpisah dan unit terkait, yang paling penting adalah unit bertanggung jawab untuk pendidikan dasar dan menengah, pendidikan tinggi, pendidikan guru, pendidikan orang dewasa dan membiayai dan perencanaan departemen. Tanggung jawab Moet termasuk setiap tingkat pendidikan termasuk pra-sekolah, pendidikan umum, pendidikan profesional, pendidikan tinggi dan pendidikan berkelanjutan.
Meskipun memainkan Moet dalam banyak peran utama dalam pendidikan di Vietnam, ada beberapa lembaga pendidikan tinggi di Vietnam yang berada di bawah kementerian lain atau lembaga pemerintah. Contoh ini adalah Hanoi Medical College yang berada di bawah Departemen Kesehatan dan University Sumber Daya Air di bawah Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan. Contoh lebih lanjut dari ini adalah dua Universitas Nasional yang meskipun nominal di bawah Moet beroperasi secara independen sebagai identitas yang terpisah dan melaporkan langsung ke Kantor Pemerintah Vietnam.

2.         Kurikulum Lokal
Moet memiliki peran utama dalam pendidikan, namun ada beberapa terjadi perubahan. Keputusan 85/2003 dan Keputusan No 166/2004/ND-CP, memungkinkan daya otoritas pendidikan lokal lebih dan tanggung jawab untuk memulai program jangka panjang pendidikan lokal di daerah masing-masing.
UU Pendidikan tahun 2005 menetapkan lebih eksplisit persyaratan untuk sistem pendidikan tinggi. Hukum ini didefinisikan pendidikan tinggi sebagai apa yang menerima pada tingkat perguruan tinggi atau universitas. Lebih lanjut mengatur struktur dalam mengejar.


























BAB 2
SISTEM EVALUASI

Evaluasi yang dilakukan yaitu terhadap jenis pendidikan, jenjang pendidikan, jalur pendidikan dan kurikulum sistem pendidikan di Vietnam.
A.           Jalur Pendidikan
1.             Pendidikan Primer
Sistem pendidikan dasar di Vietnam direvisi selama tahun 2002-2003 akademik dan sekarang berisi dua fase.
Selain restrukturisasi sistem pendidikan dasar, metode pengajaran, penilaian, dan buku-buku pelajaran juga direvisi.
Banyak tantangan yang dihadapi Vietnam dalam pendidikan. Tantangan-tantangan adalah dana yang tidak mencukupi, kesulitan dalam mempertahankan kualitas pendidikan universal, dan terbatasnya jumlah guru yang berkualitas dan ruang kelas. Tantangan lain bangsa adalah terlalu banyak siswa hanya menghadiri kelas setengah hari dan sekitar 660 jam sekolah per tahun dibandingkan dengan rata-rata 1.000 jam per tahun di negara-negara lain.

2.             Pendidikan Sekunder
Sistem pendidikan menengah terdiri dari dua fase, mirip dengan sistem pendidikan dasar.
Tahap pertama mencakup kelas 6-9 dan mengharuskan siswa memiliki ijazah pendidikan dasar. Tahap kedua mencakup Kelas 10-12 dan mengharuskan siswa memiliki ijazah pendidikan dasar menengah.
Pendidikan menengah di Vietnam berfokus pada pengembangan kreativitas siswa dan motivasi diri untuk mendorong minat mereka dalam studi mereka. Dalam rangka mendorong kualitas ini, kurikulum mencakup seni, keterampilan dasar, moralitas, dan tubuh fisik.

3.             Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi bertujuan untuk mendorong siswa dengan kualifikasi politik dan moral yang siap untuk melayani bangsa, mengembangkan pengetahuan praktis, kesehatan yang baik dan kemampuan yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan pertahanan.
Siswa dengan pendidikan menengah atas atau sekunder sertifikat pendidikan kejuruan, dapat menghadiri program 3-tahun kuliah yang melatih siswa untuk karir tertentu dan menyediakan keterampilan praktis dan pemecahan masalah.
Program sarjana di Vietnam berlangsung 4-6 tahun dengan pendidikan menengah atas atau sertifikat pendidikan menengah kejuruan, dan satu sampai dua tahun bagi siswa yang telah menyelesaikan program perguruan tinggi yang berkaitan dengan wilayah subjek yang sama.
Derajat yang diterima dari lembaga pendidikan tinggi bervariasi tergantung pada sekolah.
Siswa yang lulus dari:
5)       Perguruan tinggi menerima ijazah perguruan tinggi
6)       Program S menerima gelar sarjana
7)       Program master menerima gelar master (ex: Master of Arts, Master of Business Administration)
8)       Program Doktor menerima gelar doctor

B.            Jenis Program Pendidikan

1.             Pendidikan Anak Usia Dini
Dari tahun 1998, Vietnam telah mulai berfokus pada renovasi PADU (tema terpadu berbasis kurikulum).
Poin utama dari kurikulum baru adalah mengambil perkembangan anak sebagai yayasan, menjaga keseimbangan antara guru dan anak, mengintegrasikan subyek, mengadopsi proses penilaian sebagai metode utama dari evaluasi, menerapkan fleksibilitas kurikulum.
Renovasi berkonsentrasi pada kegiatan anak yang berorientasi pada pengalaman anak-anak, pentingnya bermain, proses kegiatan, perbedaan individu, dan penciptaan lingkungan belajar bagi anak-anak.
Sayangnya, banyak dari renovasi gagal untuk mencapai hasil yang diharapkan karena budaya Vietnam selalu berorientasi dewasa, fokus pada hasil, bukan pada proses. Kapasitas profesional guru tertinggal renovasi kurikulum. Kurikulum renovasi karena itu masih berlangsung.

2.             Pendidikan Dasar
Pada dasarnya, pendidikan dasar adalah dasar untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian yang komprehensif, menetapkan calon untuk pendidikan menengah dan untuk sistem pendidikan keseluruhan nasional. 
Dalam beberapa tahun terakhir, pendidikan dasar Vietnam telah mencapai hasil luar biasa baik dari segi kuantitas dan kualitas. Pada tahun 2000, Vietnam berhasil membuat pendidikan dasar universalized seluruh negeri. Jaringan sekolah dasar dan kelas telah berkembang luas. Ada sekolah dasar dan kelas di hampir setiap lingkungan di negeri, bahkan di daerah terpencil, pulau pegunungan, dan daerah perbatasan.
Jumlah murid SD meningkat sejak tahun 1990 dan mencapai puncaknya pada tahun ajaran 1997-1998 dari 10,5 juta. Sejak tahun puncak, jumlah tersebut telah berkurang dari tahun ke tahun dan mempertahankan tingkat pendaftaran yang stabil. Alasan utama untuk reduksi berasal dari kampanye untuk membuat pendidikan dasar universal dan wajib bagi semua orang, terutama untuk setiap anak dalam usia sekolah dan dari kampanye keluarga berencana.
Kualitas pendidikan dasar juga telah dipelihara seperti yang ditunjukkan oleh meningkatnya tingkat kelulusan siswa dan menurunkan tingkat siswa yang keluar. Tingkat kelulusan siswa pendidikan dasar yang melanjutkan ke pendidikan menengah mencapai 97,3% pada tahun ajaran 2000-2001, tingkat tinggi menunjukkan bahwa siswa mempunyai banyak kesempatan untuk memiliki pendidikan menengah.
Guru SD telah diperbaiki dalam hal kuantitas dan kualitas, meskipun fakta ini tidak dapat sepenuhnya diterapkan pada daerah-daerah terpencil, di mana guru belum memenuhi standar pelatihan yang diperlukan.

3.             Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah meliputi dua tingkat:
Para pendidikan menengah dasar berlangsung selama empat tahun. Dan akan memiliki ijazah pendidikan dasar. Pendidikan SMA selesai dalam tiga tahun. Dan memiliki ijazah pendidikan dasar menengah.
Anggaran untuk pendidikan menengah berasal dari sumber yang berbeda seperti anggaran konstruksi dasar, program obyektif, berbagai bantuan (baik non penggantian dan pinjaman dari Bank Dunia dan ADB) dikombinasikan dengan memobilisasi sumber-sumber lain dari masyarakat. Ada perbaikan dalam infrastruktur sekolah, beberapa di antaranya telah mencapai standar nasional, namun, angka menunjukkan bahwa baik kuantitas dan kualitas sekolah-sekolah pendidikan menengah di Vietnam tidak mencukupi.
Dalam hal sumber pengajaran, sembilan puluh enam koma tujuh persen dari guru pendidikan menengah telah mencapai standar nasional. Sistem ini masih kekurangan sekitar 18.700 guru


4.         Teknis dan Kejuruan Pendidikan dan Pelatihan (TVET)
Sebelum 1987, sistem TVET di Vietnam dikembangkan dengan lebih dari 200 perguruan tinggi kejuruan teknis dan 125 sekolah kejuruan. Selama bertahun-tahun, sistem TVET telah dilatih dan dipasok ratusan ribu pekerja dan teknisi untuk ekonomi, yang dikendalikan dan direncanakan oleh pemerintah pusat
 Keterampilan dan pengetahuan lulusan TVET belum relevan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Selain itu, kebanyakan orang muda tidak mau untuk memilih TVET karena program pelatihan miskin, yang tidak dapat ditindaklanjuti dengan kualifikasi yang lebih tinggi di universitas-universitas dan karena alasan budaya lainnya. Termasuk kelangkaan sumber daya yang telah membuat sistem TVET lebih sulit. Ada penurunan dramatis dalam jumlah siswa selama periode sebelum tahun 1990, sedangkan pendaftaran ke universitas sangat meningkat, menyebabkan ketidakseimbangan dalam struktur angkatan kerja, perbedaan antara perdagangan pelatihan, dan mengakibatkan redundansi relatif buruh. Berkat kebijakan "Doi moi", perekonomian telah memperoleh pertumbuhan sekitar 7 persen per tahun dan TVET telah dikembangkan.
Sampai sekarang, sistem TVET mencakup lebih dari 300 perguruan tinggi dan sekolah-sekolah yang melatih teknisi dan pekerja di sektor-sektor seperti pertanian, industri perawatan kesehatan, pariwisata, konstruksi dan transportasi. Ada sejumlah lembaga pendidikan tinggi menawarkan program studi yang mengarah ke diploma dan sertifikat. Di hampir provinsi, ada pusat pendidikan teknis umum dan pelatihan kejuruan yang menawarkan kursus pendek untuk siswa SMA dan program kejuruan.
Ruang lingkup dan tujuan dari sistem TVET Vietnamadalah sebagai berikut:
a.        Jangka pendek pelatihan kejuruan / pelatihan ulang program adalah untuk individu / pekerja yang menganggur yang akan mendapatkan keterampilan kejuruan khusus dan sertifikat.
b.        1 sampai 3 tahun program pelatihan kejuruan bagi siswa yang telah lulus dari pendidikan menengah yang lebih rendah atau atas untuk memimpin menuju sertifikat kejuruan. Berdasarkan waktu dan bidang pelatihan, para siswa dapat diberikan sertifikat dari berbagai tingkat kualifikasi dari tingkat satu ke tingkat tiga. Setelah selesai sekolah, dapat digunakan untuk bekerja sebagai pekerja terampil.
c.         2 sampai 3 tahun kejuruan & teknis pendidikan Program ini menggabungkan mata pelajaran pendidikan umum dan mata pelajaran kerja yang spesifik mengarah ke diploma. Lulusan akan mendapat gelar pendidikan tinggi.

5.         Pendidikan Tinggi
Sesuai dengan bidang studi, waktu yang ditempuh program sarjana empat sampai enam tahun, untuk sekolah menengah senior atau sertifikat sekolah menengah kejuruan dan satu sampai dua tahun untuk program-program yang memiliki perguruan menyelesaikan dari daerah yang sama.
 Studi sarjana memberikan siswa pengetahuan profesional konsolidasi dan keterampilan praktis, dan keterampilan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang muncul dalam bidang studi.

C.            Kurikulum Program Pendidikan

1.           Kurikulum Nasional
Departemen Pendidikan dan Departemen Pendidikan Tinggi Departemen dalam Pendidikan dan Pelatihan (Moet) pada tahun 1990, Moet memiliki tanggung jawab untuk semua pendidikan dan pelatihan di tingkat nasional. Berdasarkan keputusan pemerintah Vietnam 322008-ND-CP, Moet dibagi menjadi 19 departemen terpisah dan unit terkait, yang paling penting adalah unit bertanggung jawab untuk pendidikan dasar dan menengah, pendidikan tinggi, pendidikan guru, pendidikan orang dewasa dan membiayai dan perencanaan departemen. Tanggung jawab Moet termasuk setiap tingkat pendidikan termasuk pra-sekolah, pendidikan umum, pendidikan profesional, pendidikan tinggi dan pendidikan berkelanjutan. Tanggungjawab Moet adalah:
1.    menetapkan kebijakan dan peraturan yang mempengaruhi berlakunya kurikulum
2.    penelitian, penulisan dan penerbitan buku teks
3.    pendaftaran dan manajemen mahasiswa
4.    penilaian akademik prosedur dan jaminan kualitas
5.    infrastruktur dan pemeliharaan fasilitas
6.    seleksi staf dan personil untuk pendidik
7.    pengembangan rencana pendidikan masa depan
8.    menyarankan penyusunan undang-undang yang diusulkan untuk diserahkan kepada pemerintah untuk peraturan hal pendidikan seperti pembentukan dan pembangunan universitas, kebijakan luar negeri dan studi pembangunan beasiswa, elit terdidik, dll.
Meskipun memainkan Moet dalam banyak peran utama dalam pendidikan di Vietnam, ada beberapa lembaga pendidikan tinggi di Vietnam yang berada di bawah kementerian lain atau lembaga pemerintah. Contoh ini adalah Hanoi Medical College yang berada di bawah Departemen Kesehatan dan University Sumber Daya Air di bawah Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan. Contoh lebih lanjut dari ini adalah dua Universitas Nasional yang meskipun nominal di bawah Moet beroperasi secara independen sebagai identitas yang terpisah dan melaporkan langsung ke Kantor Pemerintah Vietnam.

2.      Kurikulum Lokal
Meskipun Moet memiliki peran utama dalam pendidikan, ada beberapa terjadi perubahan. Keputusan 85/2003 dan Keputusan No 166/2004/ND-CP memungkinkan daya otoritas pendidikan lokal lebih dan tanggung jawab untuk memulai program jangka panjang pendidikan lokal di daerah masing-masing. Selanjutnya, Universitas semakin memperoleh otonomi atas pembiayaan (pendanaan manajemen diri), pelatihan, penelitian, sumber daya manusia, dan kerjasama internasional. Resolusi No 14/2005, tanggal 2 November 2005 dan Pendidikan Tinggi Pemerintah Agenda Reformasi 2006-2020 telah bertindak untuk meminta universitas dan perguruan tinggi papan mengelola untuk mempersiapkan rencana mereka sendiri untuk melaksanakan pengeluaran dan mereka di bawah pengawasan dari Moet.
Banyak diskusi terjadi tentang bagaimana kebijakan-kebijakan baru dan orang lain mungkin memfasilitasi penelitian kualitas yang lebih baik dan pengajaran sementara juga menyediakan kerangka hukum tanggung jawab dan dengan akuntabilitas meningkat.











BAB III
PENUTUP

A.      Analisis
Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia dan Vietnam:
1.      Berdasarkan Cara Melanjutkan ke Jenjang Berikutnya
Masing-masing negara mempunyai sistem pendidikan yang sangat berbeda. Di Indonesia  disetiap masing-masing jenjang pendidikan diharuskan mengikuti Ujian Nasional sebelum melanjutkan ke jenjang berikutnya. Sebagai contoh siswa SMP harus mengikuti UN sebelum melanjutkan ke SMA. Sedangkan di Vietnam, untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya harus menyelesaikan pendidikan sebelumnya dan mempunyai ijasah. Di Indonesia siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi harus mengikuti SPMB, sedangkan di Vietnam hanya diharuskan mempunyai ijasah sebelumnya. Contohnya: siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi harus mempunyai ijasah SMA.

2.      Berdasarkan Kualitas Pengajar
Jika dibandingkan Vietnam, kualitas pengajar di Indonesia lebih unggul. Dikarenakan di Indonesia untuk menjadi seorang guru yang professional minimal harus lulus S1 dan mempunyai sertifikasi. Namun di Vietnam khususnya daerah terpencil, kualitas pendidik masih rendah.

3.      Berdasarkan tingkat siswa yang tidak sekolah
Siswa yang tidak sekolah khususnya pendidikan dasar lebih banyak Vietnam dibandingkan Indonesia, sebagai contoh: Indonesia menempati peringkat ke 36 pada tahun 2002 dengan jumlah siswa yang tidak sekolah sebanyak 107.153 siswa. Sedangkan Vietnam menempati peringkat ke-17 pada tahun 2002 dengan jumlah anak 634.133 anak. Berarti lebih banyak anak-anak yang keluar dari pendidikan dasar di Vietnam dibandingkan di Indonesia.

4.      Berdasarkan Pendaftaran per Tahun
Berdasarkan pendaftaran jumlah siswa dalam setahun, lebih banyak pendaftar siswa di Indonesia dibandingkan di Vietnam. Mungkin dikarenakan jumlah penduduk yang lebih banyak di Indonesia dibandingkan di Vietnam.

5.      Berdasarkan Jalur Pendidikan
Jalur pendidikan di Vietnam dan Indonesia hampir sama, namun yang berbeda adalah tidak adanya pendidikan keagamaan di Vietnam. Di Indonesia ada sekolah yang mengajarkan pelajaran agama secara lebih intensif, seperti MTS atau sekolah agama yang lain.

6.      Berdasarkan Kurikulum
Kurikulum yang diberlakukan di Vietnam dan di Indonesia hampir sama. Suatu daerah mempunyai otonomi untuk memberikan kewenangan pada sistem pendidikan di daerahnya dan  bertanggung jawab untuk memulai program jangka panjang pendidikan lokal di daerah masing-masing, Namun juga atas pengawasan dari pusat.

7.      Berdasarkan Kualitas Pendidikan
Secara keseluruhan, tingkat kualitas pendidikan di Indonesia lebih tinggi satu peringkat dibandingkan Vietnam. Namun, Vietnam sedikit demi sedikit memulai perubahan dari sistem pendidikannya. Namun secara global, kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat rendah.

B.       Komentar
Berdasarkan perbandingan antara sistem pendidikan di Vietnam dan Indonesia, Indonesia memang lebih baik kualitasnya dibandingkan di Vietnam. Namun, jika Pemerintah Indonesia tidak semakin memperbaiki sistem pendidikan di Indoneisa, maka akan tertinggal dengan perkembangan pendidikan di dunia. Apalagi, secara global kualitas pendidikan Indonesia sangatlah rendah.
Di era globalisasi ini juga banyak menuntut perubahan ke sistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satu cara yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Dengan meningkatnya kualitas pendidikan berarti sumber daya manusia yang terlahir akan semakin baik mutunya dan akan mampu membawa bangsa ini bersaing secara sehat dalam segala bidang di dunia internasional.
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Pemerintah:
1.         Langkah pertama yang akan dilakukan pemerintah, yakni meningkatkan akses terhadap masyarakat untuk bisa menikmati pendidikan di Indonesia. Tolak ukurnya dari angka partisipasi.
2.         Langkah kedua, menghilangkan ketidakmerataan dalam akses pendidikan, seperti ketidakmerataan di desa dan kota, serta gender.
3.         Langkah ketiga, meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan kualifikasi guru dan dosen, serta meningkatkan nilai rata-rata kelulusan dalam ujian nasional.
4.         Langkah keempat, menambah jumlah jenis pendidikan di bidang kompetensi atau profesi sekolah kejuruan. Untuk menyiapkan tenaga siap pakai yang dibutuhkan.
5.         Langkah kelima, membangun infrastruktur seperti menambah jumlah komputer dan perpustakaan di sekolah-sekolah.
6.         Langkah keenam meningkatkan anggaran pendidikan.
7.         Langkah ketujuh, adalah penggunaan teknologi informasi dalam aplikasi pendidikan.
8.         Langkah terakhir, pembiayaan bagi masyarakat miskin untuk bisa menikmati fasilitas penddikan.
Semoga dengan itu kualitas pendidikan di Indonesia akan lebih baik lagi.


http://en.moet.gov.vn
http://www.studyessay.com



2 komentar:

  1. catatan pembaca : Jangan lupa, ada gejala siswa mengikuti ujian pertama-tama agar lulus tes, ini tidak salah tapi keliru. Pembudayaan tes bukannya sebagai pengukur kompetensi yang menyenangkan, tetapi menakutkan karena rasa percaya diri siswa yang tidak dibangun matang, oleh karena pendidikan karakter siswa oleh guru untuk jujur terhadap diri sendiri tidak matang, akibat konsentrasi guru dalam proses pendidikan lemah. Akhirnya berakibat kepada taruhan kredibilitas guru yang tetap ingin dipertahankan citranya baik dimasyarakat dengan tidak mempermasalahkan anak mencontek waktu ujian demi pencapaian angka memuaskan dalam ujian. Bahkan yang lebih konyol lagi ada jawaban ujian yang diberikan oleh oknum guru dengan kode tertentu agar siswanya mendapat angka tinggi. Mendengar fonomena ini, yang salah sesungguhnya siapa ? bukankah guru termasuk system tesnya yang perlu dievaluasi lagi ?

    BalasHapus
  2. Tes itu berikan dan pantau terus pelaksanaannya dari tingkat terbawah. justru ditingkat pendidikan terbawah yang harus diperhatikan lebih serius karena mau membangun karakter siswa. Apakah suasana menyenangkan dalam tes terjadi ? bahwa anak yang minta kemampuannya diuji oleh guru, karena ingin mengetahui kuantitas, dan kualitas penguasaan kompetensinya.

    BalasHapus